Tuesday 24 February 2015

Hidup Kita -KG

Hidup ini tak semudah kata-kata dalam tulisan.
Siapa bilang seseorang yang menulis tentang hidup mampu melakukan apa yang ia tuliskan? Kadang dan mungkin sering apa yang dia tuliskan adalah hal-hal yang sebenarnya dia ingin lakukan. Dan dia dikeseharian, dia tidak bisa melakukannya. Hanya memendamnya tanpa bisa menggerakan kakinya.
Hidup ini tidak semudah kata-kata dalam tulisan. Tidak ada yang pernah tahu apa yang terjadi dibalik proses mengalirnya kata-kata dalam tulisan. Ada yang harus menderita bertahun-tahun. Ada yang harus ketakutan bertahun-tahun. Ada yang harus bersembunyi dari setiap orang. Takut melihat dunia.
Kita tidak bisa melihat rahasia kecuali menjadi rahasia itu sendiri. Hidup ini tidak semudah cerita dalam buku-buku. Kita tidak menjadi tokoh disana, kita adalah orang yang berbeda. Menulis ceritanya sendiri. Memendam aibnya sendiri. Memendam perasaanya sendiri. Kita hanya membaca tidak lebih banyak dari itu.
Kita hanya bisa mengambil pelajaran disana.
Namun sungguh, hidup ini tidak semudah tulisan ini sekalipun. Bahwa kehidupan memiliki banyak kemungkinan. Bahwa kita tidak bisa membaca halaman akhir hidup kita terlebih dahulu sebelum membacanya dari awal.
Hidup tidak mudah bagi setiap orang. Tidak mudah untuk menjalaninya, sebagaimana kita sendiri menjalani hidup kita. Hanya saja mereka tidak mau menunjukan ketidakberdayaannya di depan kita. Setiap orang (hanya) akan menceritakan bagian terbaik dari hidupnya. Sulit bagi seseorang memberikan kepercayaan pada oranglain.

No comments:

Post a Comment